Selasa, 28 Oktober 2014

PATOGENESIS PERDARAHAN KONTAK

Patogenesis Perdarahan kontak 

Pendarahan kontak dapat didefinisikan sebagai perdarahan rahim abnormal tanpapenyebab organik (sesuai dengan fisiologi organ) yang terjadi pada saat coitus atau pascacoitus. Dengan kata lain, perdarahan tersebut terjadi disebabkan oleh faktor-faktor yangdapat menyebabkan disfungsional dari organ itu sendiri, seperti kanker, tumor, polip, dan lain-lain. Pada suatu waktu, seorang wanita dapat mengalami perdarahan rahim yang abnormal, kejadian ini berkaitan dengan pekerjaan, masalah di rumah tangga, dan kehidupan seksual. Mekanisme dari perdarahan kontak berhubungan dengan faktor penyebabnya.Umumnya sangat berhubungan dengan sifat epitel dari jalan lahir. Seperti adanya erosi pada serviks dan Ca Serviks yang menyebabkan dinding dari serviks menjadi lebih tipis sehingga jika coitus terjadi, dapat menyebabkan perlukaan dan menyebakan perdarahan. Salah satu diagnosis yang dapat membedakan antara perdarahan kontak dan fisiologis adalah dari gejala klinisnya. Umumnya, perdarahan fisiologis terjadi pada masa-masa tertentu sesuai dengan kondisi dari penderita, seperti masa menstruasi. Sedangkan perdarahan kontak ini juga dapat terjadi dalam keadaan tertentu yang berhubungan dengan gangguan dari struktur pada jalan lahir.Beberapa penyebab dari perdarahan kontak adalah :
1. Cedera pada vulva atau vagina
2. Penganiayaan seksual
3. Peradangan vagina
4. Infeksi rahim
5. Kelainan darah yang menyebabkan pembekuan abnormal (misalnyaLeukemia atautrombositopenia
6. Tumor jinak maupun tumor ganas (misalnya fibroid, kista, adenomiosis

Patomekanisme Keputihan 
Keputihan ada 2 macam yaitu yang fisiologis dan patologis keduanya dapat dibedakan berdasarkan atas kandungannya. Keputihan yang fisiologis terdiri atas cairan yang kadang-kadang berupa mucus yang mengandung banyak epitel dengan leukosit yang jarang, sedangkan pada keputihan yang patologik terdapat banyak leukosit.
Secara fisiologis, keluarnya getah yang berlebih dari vulva (biasanya lendir) dapat dijumpai pada:
  •  Ovulasi
  •  Menjelang & setelah haid
  •    Rangsangan seksual
  •  Kehamilan

Sekret berasal dari antara lain :
  • ·        Kelejar Bartholini yang terletak di bawah labium majus dan bermuara di bawah otot konstriktor vagina, kadang – kadang tertutupi sebagian oleh bulbus vestibuli. Kelenjar ini mengeluarkan sekret mukoidpada saat gairah seks meningkat.
  • ·     Duktus Skene (parauretralis) yang bermuara di meatus uretrae eksternum. Kelenjar ini mensekresikan sekret  yang mukoid.
  • ·     Serviks uteri, memiliki banyak kelenjar yang mengeluarkan secret yang berbeda-beda sesuai dengan siklus haid
  • ·     Uterus yang terletak banyak kelenjar dari endometrium sampai kemiometrium pada umumnya. Kelenjar-kelenjar ini mensekresi cairan alkaliyang encer


.Etiologi keputihan patologis :
1.              Infeksia.
a.               Jamur
Keputihan yang disebabkan oleh infeksi jamur Candida albicans umumnya dipicu oleh faktor dari dalam maupun luar tubuh seperti :
·         Kehamilan
·         Obesitas / kegemukan
·         Pemakaian pil KB
·         Obat-obatan tertentu seperti steroid, antibiotic
·         Riwayat diabetes / penyakit kencing manis
·         Daya tahan tubuh rendah
·         Iklim, panas, kelembaban
Sekret yang keluar biasanya berwarna putih kekuningan, seperti kepalasusu (cottage cheese), berbau khas dan menyebabkan rasa gatal yang hebat pada daerah intim-vulva dan sekitarnya sehingga disebut vulvovaginitis.Rasa gatal sering merupakan keluhan yang dominan dirasakan.
  
b.      Bakteri
Pada vagina terdapat flora normal yang terdiri dari bakteri ”baik” yang
berfungsi dalam keseimbangan ekosistem sekaligus menjaga keasaman / pH yang normal serta beberapa bakteri lain dalam jumlah kecil seperti Gardnerella vaginalis , mobiluncus, bacteroides dan Mycoplasma hominis.Beberapa keadaan seperti kehamilan, penggunaan spiral / IUD (intrauterine device), hubungan seksual, promiskuitas dapat memicu ketidak seimbangan flora normal vagina dimana pertumbuhan bakteri”jahat” menjadi berlebihan. Keputihan yang disebabkan oleh bakteri Gardnerella dsb disebut sebagai bacterial vaginosis / BV. Sebanyak 50% dari wanita dengan bacterial vaginosis bersifat asimtomatik yaitu tidak memberikan gejala yang berarti. Keputihan biasanya encer, berwarna putih keabu-abuan dan berbau amis (fishy odor). Bau tercium lebih menusuk setelah melakukan hubungan seksual dan menyebabkan darah menstruasi berbau tidak enak. Jika ditemukan iritasi daerah vagina seperti gatal biasanya bersifat lebih ringan dari pada keputihan yang disebabkan oleh Candida albicans atauTrichomonas vaginalis.

c.               Parasit
Infeksi parasit Trichomonas vaginalis termasuk dalam golongan penyakitmenular seksual (PMS) karena penularan terutama terjadi melalui hubungan seksual namun juga dapat melalui kontak dengan perlengkapan mandi, bibir kloset yang telah terkontaminasi. Keputihan berupa secret berwarna kuning-hijau, kental, berbusa dan berbau tidak enak (malodorous). Kadang keputihan yang terjadi menimbulkan rasa gatal daniritasi pada daerah intim.

 2.      Non-Infeksi

Biasa disebakan iritasi akibat alat kontrasepsi dan cairan antiseptik (mengandung bahan kimia)
 3.             Neoplasma

Mitosis berlebihan akibat sel normal yang tidak matur.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar