Jumat, 24 Agustus 2012

HIKMA KARIA MENURUT ADAT ISTIADAT MASYARAKAT MUNA


Hikmah Karia
Manurut adat kita di muna yang juga sejalan dengan ajaran islam bahwa seorang orang tua tatkala sudah mempunyai anak – anak maka orang tua tersebut mempunyai tanggung jawab utamanya tanggung jawab pendidikan terhadap anak-anaknya itu sejak lahir sampai pada menikahkannya dimana tatkala :
1.      Waktu lahir harus diperdengarn pertama tama dengan suara azan dan atau Qomat bagi wanita
2.      Usia 7 hari harus di Aqiqah
3.      Usia kanak kanak harus di hitan (kangkilo)
4.      Usia menjelang dewasa harus di katoba
5.      Usia dewasa harus di karia
6.      Kalau sudah ada jodohnya harus di nikahkan

Khusus Karia /pingitan
        Kenapa dalam karia ini harus dijalani dengan kaghombo terlebih dahulu (dikurung beberapa hari di kamar). Hal ini maksudnya memberikan isyarat kepada seorang gadis bahwa apa bila esok lusa sudah menikah maka dia harus lebih banyak tinggal dalam rumah untuk mengurusi rumah tangga ketimbang banya berkeliaran diluar rumah. Kalaupun seorang perempuan itu kebetulan kerja kantoran berbisnis maka seharusnya tugas pokoknya sbagai ibu rumah tangga tidak boleh di abaikan.
         Selama dalam kamar kaghombo terdapat banyak pelajaran atau gambaran kehidupan masa depan seorang perempuan yang kadang kala dirasakan sedikit menderita karena berbeda dengan kebiasaan yang dia alami selama ini. Semua penderitaan itu mengandung makna bahwa bila esok lusa sudah menikah  maka kehidupan yang akan dialami tidak selamanya akan senang terus, tapi terkadang kita susah dan terkadang kita bahagia.    misalnya : mereka harus makan dan minum sedikit sedikit.hal ini bukan saja supaya tidak buang air besar selama dalam kamar kaghombo tetapi mengandung makna secara hakikih bahwa bila esok lusa sudah menikah, maka harus pandai menghemat, tidak serakah dan harus pandai mansyukuri penghasilan suami .
         Dalam kamar kaghombo/pingitan ini harus berjumlah lebih dari 1 orang, atau kalau cuman 1 orang maka dia harus di temani 1 buah kelapa pengganti orang lain. Ini juga mengandung nilai hakikih bahwa esok lusa setelah menikah harus pandai pandai bemasyarakat, karena dalam kehidupan selalu saja membutuhkan orang lain.
         Selama dalam kaghombo kalau mau buang air kecil , haruslah disiapkan di tempat yang terisi tanah /bukan di WC. Hal ini mengandung nilai hakikih bahwa apabila esok lusa sudah menikah dan kebetulan tejadi kejanggalan dalam rumah tangga maka seorang istri tidak boleh membeberkan kejanggalan kejanggalan rumah tangganya itu keluar rumah, atau tidak boleh di tau orang lain termasuk kepada kedua orang tuanya sendiri dan adik serta kakaknya dan haruslah semua kejanggalan kejanggalan dalam rumah tangganya tersebut di sembunyi sampai dibawah masuk di dalam tanah/kubur ketika telah meninggal.
        Katandano  wite dilakukan setelah  berpakaian cantik dan akan siap-siap untuk menari linda. Katandano wite ini dilakukan dengan memberikan tanda dengan tanah pada setiap pergelangan kaki dan tangan  serta pada bagian dahi. Hal ini mengandung nilai hakiki bahwa  wahai anakku  apabila esok lusa kamu akan , dan telah mendapatkan kecukupan harta atau kenikmatan-kenikmatan, maka jangan lupa bahwa di tanah ini bakal akan kamu kembali kepadanya. Jadi jangan terlenna dengan kesenangan itu, pikirkan juga persiapanmu untuk kembali ke sana.
       Akhir dari karia ini adalah menari linda. Hal ini mengandung makna  hakiki  bahwa kehidupan ini  kalau hidup susah  maka tidak selamanya akan hidup susah . Suatu saat  akan berganti juga dengan kesenangan. Kehidupan ini bagaika roda berputar , dimana suatu saat kita hidup susah dan pasti dilain saat kita juga akan bahagia.
          Biasanya melalui taria linda ini akan mendapatkan hadiah-hadiah yang menggembirakan, termasuk akan ada hadiah dari kekasihnya.





2 komentar:

  1. artikelnya menarikkk,, dan menmbah wawasan....
    tapi satu hall yg ingin saya tanyakan. kira2, apa a maksud dari upacara karia itu sendiri... kenapa anak perempuan harus melewati prosesi kari, n kenapa pula karia itu hanya d tujukan untuk anak perempuan????

    BalasHapus